Langsung ke konten utama

R Language (Bahasa Pemrograman R) - Sejarah dan Karakter R

R Language, ya 'R' saja 😁, hemat banget yaa hanya 1 huruf, tapi penulis tidak bohong loh 😆, pada nyatanya emang ada bahasa pemrograman R, dan bahasa pemrograman R yang akan penulis ulas adalah bahasa pemrograman yang dibahas pada mata kuliah Statistika ataupun Komputasi Numerik. Untuk lebih lengkapnya kita ulas sedikit-sedikit R Programming ini.

R Programming

Sekilas Sejarah R

"R" sebenarnya bukan bahasa pemrograman yang baru. Setidaknya R telah dikembangkan secara intensif sejak 10 tahun yang lalu, sebagai pengembangan bahasa pemrograman "S" di Bell Laboratories. Tepatnya R adalah bahasa pemrograman yang telah didisain ulang untuk memudahkan analisis statistika. Menurut situs R project, R adalah bahasa dan lingkungan untuk komputasi statistik dan grafis. R adalah proyek berjenis open source GNU. Entah apa yang dipikirkan oleh sang pembuat dengan memberi nama karyanya hanya dengan satu huruf. Tapi apalah arti sebuah nama. Walaupun awalnya dikembangkan untuk analisis statistik, namun saat ini telah berkembang aplikasinya hingga dapat melakukan manipulasi data spasial serta menampilkannya secara dinamis dalam situs web. Ditambah lagi dengan era data analysis atau akrab disebut big data, maka perkembangan R menjadi tidak terbendung lagi. Perintah dasar dalam bahasa R telah menyediakan berbagai tool untuk pemodelan statistik linear dan nonlinear, analisis time-series, klasifikasi, analisis klaster, dan analisis grafis. Kemampuan ini terus berkembang dengan adanya ribuan paket tambahan yang diunggah ke server CRAN tiap tahunnya.

R dan Markdown

Dari pemaparan ringkas di atas, sudah jelas apa itu R. Sekarang apakah "Markdown" itu? Nama ini diberikan oleh kreatornya, karena itu, John Gruber seorang programmer mengembangkan markup language Markdown. Ia menyederhanakan berbagai perintah LaTeX agar dapat lebih mudah dipahami pemakai bagi pengguna yang bukan programmer dan bukan ahli matematika. Salah satu contohnya adalah R markdown. Bahasa markup (markup language) yang lebih mudah dari LaTeX atau html sekalipun. Dengan menggunakan R markdown, saat ini bisa digunakan untuk membuat blogpost atau naskah buku dengan R, seperti halnya naskah yang sedang anda baca saat ini.

Karakter R

Karakter R yang dapat penulis paparkan adalah R itu gratis, Open Source, dan Cross Platform. Karena  gratis dan open source, maka kita dapat mengembangkan R sesuai kebutuhan kita, misalnya dengan  membuat add on package. Karena bersifat cross platform, maka para pengguna yang menggunakan sistem operasi (OS) Linux, Mac dan Windows dapat saling bekerjasama. Peningkatan versi R akan selalu dilakukan bersamaan. Oleh karenanya menggunakan OS apapun, kita akan memiliki versi R yang setara.


Nahh terus tools apa saja sih yang dibutuhkan untuk mempelajar R Studio ini ?, tunggu di postingan selanjutnya yaa. Sekian dari saya, mudah-mudahan bermanfaat.

Salam Teknologi 💢💢💢

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Sistem Employee Management Sederhana Menggunakan Laravel 9

 Cara mudah untuk membuat sistem adalah dengan menentukan diagram sistem yang akan dibangun terlebih dahulu agar tidak bingung, dan berikut adalah diagram epmloyee management yang akan kita bangun : Dan langsung saja kita menuju tahap instalasi project nya, sebelum itu pastikan di device kalian sudah terinstall composer dan xampp untuk penyimpanan data nya yaa :-) 1. Create project nya menggunakan composer di command line, dengan running syntax berikut :      composer create-project laravel/laravel tunggu prosesnya hingga selesai seperti pada gambar dibawah ini : 2. Lalu masuk ke project nya menggunakan text editor yang dimiliki, bisa Visual Studio Code, Notepad++, Sublime Text, Atom, atau sebagainya, contoh shortcut untuk masuk ke visual studio nya adalah sebagai berikut : Lalu nanti akan masuk ke aplikasi visual studio code secara otomatis. Untuk memastikan bahwa langkah awal kita sudah benar, buka terminal bawaan visual studio code dengan memilih tab terminal, lalu pilih new termina

Reaction Berita Siswa Ciptakan Aplikasi E-Voting Untuk Pemilihan Ketua OSIS

Disini saya hanya ingin menanggapi dan mungkin meluruskan apa yang sedang ramai dibicarakan di masyarakat, Seorang Siswa sudah mahir menciptakan aplikasi E-Voting. Aplikasi E-Voting loh 😂 Dilansir dari KompasTV, "Siswa MA Negri 01, Jawa Tengah memiliki solusi dengan menciptakan aplikasi pemilihan ketua Osis dengan sistem E-Voting yang aplikasi nya dibuat sendiri oleh dua orang siswa", tutur pembawa berita. Untuk lebih jelas-nya, berikut adalah berita nya : Siswa tersebut tidak salah dalam penyampaian berita, tapi saya rasa berita-nya berlebihan. Bukan 'menciptakan' saya rasa kata yang harusnya dipaparkan. Itu sudah menjadi salah arti bukan ? 😁 Terkadang media malah melebih-lebihkan berita menurut saya. Bagaimana tidak ?, siswa tersebut hanya menggunakan fitur Google-Form. Untuk membuat Google Form sendiri, itu bisa diakses baik di Smartphone, Tablet, maupun PC / Desktop. Yang Siswa tersebut lakukan hanya mengakses  Google Form  lalu memilih template yang sudah ada /

R Studio - Tools Untuk R Programming Komputasi Numerik, Statistik dan Grafik

Halloohaaaa semuanya 😁, bagaimana kabar kalian ? mudah-mudahan sehat selalu yaa 🙏 amin.. Baiklah, langsung saja sesuai janji saya pada postingan sebelumnya  Sejarah dan Karakteristik R Language  di akhir artikel saya akan akan mengulas mengenai tools / sofware apa sih yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan R Programming untuk bahasa pemrograman 'R'. Yaa, sesuai judul, RStudio adalah software / tools yang kebanyakan dipakai untuk bahasa pemrograman 'R', khususnya untuk statistika dan grafik ya teman-teman. Berdasarkan pemaparan sebelumnya terkait R, dapat ditarik informasi bahwa R merupakan bahasa pemrograman statistika yang dapat digunakan untuk analisis dan manipulasi data statistika (pemodelan statistika), dan grafik. R diciptakan (was created) oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman (nama depan sama-sama diawali dengan huruf R & R, Ross dan Robert) dari departemen statistika, di Universitas Auckland, New Zealand. Saat ini R dikembangkan oleh R Development Core